5 Cara Memanfaatkan Ampas Kopi di Rumah

Ladies, setelah menikmati segelas kopi, ampas kopinya jangan langsung dibuang begitu saja. Ampas kopi ternyata masih bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal lho. Mulai dari sebagai bahan untuk mencuci peralatan makan hingga dijadikan kompos. Untuk lebih jelasnya, simak lima cara memanfaatkan ampas kopi di rumah yang dilansir dari thekitchn.com berikut ini.

1. Membersihkan Peralatan Makan
Tekstur ampas kopi yang kasar bisa digunakan sebagai bahan untuk membersihkan noda atau kotoran di peralatan makanan yang sulit dibersihkan. Anda bisa langsung menggunakan spons yang dicampur dengan ampas kopi sebagai alat untuk membersihkan peralatan makanan Anda yang kotor.

2. Untuk Mengelupas Sel-Sel Kulit Mati
Ampas kopi juga bisa digunakan untuk mengelupas sel-sel kulit mati di permukaan wajah Anda. Caranya sangat mudah. Campurkan ampas kopi dengan minyak zaitun dengan perbandingan yang sama, lalu gosokkan dengan lembut di permukaan kulit Anda. Ampas kopi bisa mengelupas sel kulit mati sementara minyak zaitun bisa berfungsi sebagai pelembab.

3. Sebagai Kompos
Ampas kopi rupanya juga kaya akan nitrogen sehingga cocok digunakan sebagai pupuk kompos. Tapi ampas kopi yang digunakan bukanlah ampas kopi yang baru tapi yang sudah lama dan terurai. Untuk membuat pupuk kompos, campurkan dedaunan, rumput segar, dan ampas kopi dengan rasio perbandingan yang sama.

4. Menghilangkan Bekas Goresan di Furnitur
Campurkan air hangat, cuka, dan ampas kopi. Lalu gosokkan campuran tersebut di atas permukaan furnitur yang memiliki goresan. Cara ini bisa membuat furnitur terlihat baru kembali.

5. Menghilangkan Bau Tidak Sedap di Kulkas
Mirip dengan baking soda, ampas kopi juga bisa berfungsi sebagai deodorizer. Cukup letakkan mangkuk yang berisi ampas kopi di dalam kulkas untuk menghilangkan bau tidak sedap di kulkas.

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook