5 Makanan yang Sebaiknya Tak Dibekukan Lagi

Pembekuan akan membuat sejumlah dinding sel makanan pecah. Itulah kenapa makanan yang dibekukan memiliki rasa yang kurang lezat. Dan ketika kita membekukan makanan lalu makanan itu dibekukan lagi (untuk kedua kalinya), sel-sel makanan akan lebih banyak yang pecah.

Seperti yang dilansir oleh thekitchn.com, makanan yang dibekukan lalu dicairkan kembali bisa membuat bakteri berbahaya berkembang biak lebih cepat. Ketika kristal-kristal dari makanan beku sudah mencair, bakteri dalam makanan tersebut bisa langsung berkembang dengan cepat.

Penting untuk diketahui bahwa kita sebaiknya tak membekukan ulang kelima jenis makanan ini. Dengan kata lain, kelima jenis makanan ini hanya boleh dibekukan satu kali dan harus segera diolah setelah mencair.

 

  • Sumber Protein Alami

    Daging sapi, daging unggas, dan makanan laut yang merupakan sumber protein alami sebaiknya tak dibekukan untuk kedua kalinya. Kecuali jika Anda mencairkan daging beku tersebut dalam suhu 6 derajat celcius (seperti di dalam kulkas), maka Anda masih bisa membekukannya kembali.

  • Es Krim

    Es krim yang sudah mencair lalu dibekukan lagi hanya akan membuat tekstur es krim tersebut jadi aneh dan menimbulkan serut-serut es. Jadi sebaiknya es krim yang sudah mencair itu dinikmati saja langsung sebagai milkshake misalnya.

  • Konsentrat Buah

    Fermentasi bisa terjadi lebih cepat dalam produk-produk yang berbahan dasar buah. Smoothies buah pun seharusnya hanya perlu dibekukan satu kali dan bukan dua kali.

  • Makanan Campuran dari Berbagai Bahan

    Segera konsumsi makanan kombinasi atau makanan campuran dari berbagai bahan seperti pasta, stew, dan casserole. Jangan dibekukan lagi.

  • Protein yang Sudah Dimasak

    Daging ayam yang sudah dimasak atau dipanggang jangan dibekukan lagi. Makanan matang yang mengandung protein jangan dibekukan untuk kedua kalinya.

 

Lebih bijak dalam menentukan makanan mana yang bisa dibekukan untuk kedua kalinya akan mempermudah kita untuk membuat menu yang lezat. Di samping itu, mengonsumsi makanan yang masih segar tanpa harus dibekukan untuk kedua kalinya selalu menjadi rekomendasi penting dalam mengolah makanan.

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook