Agar Anak Mau Makan Bekalnya, Buat Saja Bento Lucu

Homemade Healthy Baby Food (HHBF), merupakan sekelompok komunitas yang resmi dan ada di seluruh dunia, HHBF dibawah bimbingan WHO. Salah satu anggotanya adalah Ainur Parahita. Berawal dari mengikuti komunitas Homemade Healthy Baby Food (HHBF) dari tahun 2011 hingga sekarang ini, ia mempunyai prinsip bahwa dirinya harus selalu menyiapkan makanan sehat untuk keluarga kecilnya.

Bagi Ainur, sebagai seorang istri dan ibu, wajib hukumnya memasak makanan untuk keluarganya. Di samping membuat makanan sehat dan bergizi, tentu saja tidak membuat pengeluaran membengkak, justru menjadi hemat.

“Kita harus masak makanan untuk keluarga, karena higienis, lebih fresh daripada makan makanan yang instan atau anak-anak memilih jajan,” kata Ainur di JCC Senayan Jakarta Pusat Sabtu 7 Desember 2014 lalu.

Menurutnya, untuk anak-anak diberi makanan yang fresh dan lebih dijamin kebersihannya. “Bikin makanan sendiri gak musti makanan organik, bahan-bahan lokal bisa seperti bayam lokal, tempe, tahu, ikan,” jelasnya.

Selain itu, Ainur menyiapkan bekal makanan untuk dibawa ke sekolah oleh anaknya. Maka dari itu, untuk menyiasati agar anaknya mau menghabiskan makanannya, Ainur rajin membuat bento yang bervariasi setiap hari.

“Yang terpenting siapin bekal itu harus ada karbohidrat, protein, sayur, buah. Kalau ingin ada kandungan susu, bikin macaroni skotel karena masuk semua seperti protein, susu, keju. Macaroni dibatasin juga jangan terlalu sering, seminggu 3 kali-lah,” terang Ainur.

“Kalau untuk bekal anak-anak lebih tertarik makanan dengan dibentuk macam-macam. Macam yang dibentuk istilahnya adalah bento. Berbagai karakter ada anak kecil, tokoh kartun dan lain-lain,” tambahnya.

Membuat bento sangatlah mudah, tidak perlu memakai alat, hanya gunakan tangan sendiri. Misalnya, untuk membentuk nasi, cukup dikepal-kepal lalu dihias dengan daun selada dan brokoli. Ainur menambahkan kalau mau hemat lagi buat hamburger tempe, cukup dengan roti, tempe serta sayuran.

Membuat bento itu sangatlah mudah, tetapi ibu harus kreatif dalam menciptakan gambar. Sering browsing dan baca buku tentang bento agar si anak senang dengan bentuk yang berbeda-beda setiap harinya, jangan lupa juga saat membuat bento pilihlah makanan yang sehat dan bergizi,”

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook