Aturan Menyimpan Makanan Sisa

KOMPAS.com – Jangan langsung membuang makanan sisa ke tempat sampah. Sebab, selama cara penyimpanannya benar dan tepat, makanan sisa masih layak konsumsi untuk beberapa hari ke depan.

Berikut empat langkah aman menyimpan makanan:

1. Ingat, peraturan dua jam
Aturan ini mengatakan bahwa bakteri mulai tumbuh pada makanan setelah dua jam dimasak. Jika prediksi Anda makanan yang dihidangkan akan tersisa, segeralah menyimpannya dalam wadah yang bersih dan bebas kuman.

2. Gunakan wadah kecil
Cara paling tepat menyimpan makanan sisa adalah dengan mendinginkannya dalam lemari es. Disarankan untuk menggunakan wadah kecil. Sebab, penggunaan wadah besar membutuhkan waktu pendinginan yang lebih lama, ini bisa memicu pertumbuhan bakteri.

3. Panaskan kembali
Setelah disimpan, makanan harus kembali dihangatkan sebelum disantap. Caranya bisa dengan dimasak kembali, atau dipanaskan dalam microvawe dengan suhu 165 derajat celcius. Ukuran suhu ini dipercaya ampuh membunuh kuman-kuman pada makanan sisa.

4. Maksimal empat hari
Jangan menyimpan makanan sisa, apalagi menghangatkannya, jika sudah lebih dari empat hari. Sebab, mengonsumsi makanan sisa yang telah didinginkan lebih dari empat hari, berisiko mengalami sakit perut karena keracunan makanan.

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook