BONG KOPITOWN Makanan Penjara yang Membuat Bahagia

Memasuki Bong Kopitown, kita akan disapa oleh ruangan muram ala penjara Hongkong tahun 60-an. Sipir-sipir berjaga di meja kasir, sedangkan para narapidana berseliweran dari meja satu ke meja lain. Sel-sel hitam menjadi pembatas ruangan satu dengan ruangan lain. Di tengah ruangan, terdapat wooden dummy untuk berlatih martial arts serta tangga dan tali untuk melarikan diri. Menengadah ke atas, kita bisa melihat ruangan sel para narapidana. Menuju ruangan non-smoking, sel-sel sangat nyata. Begitu duduk, narapidana berpakaian seragam setengah garis-garis menghampiri lalu menyodorkan koran ‘Old Town Post’ yang ternyata berisi menu dan cerita berdirinya Bong Kopi Town. Sepuluh menit kemudian, makanan pun tersaji dengan peralatan makanan yang didominasi aluminium, khas penjara.

Untuk menggambarkan keunikan Bong Kopitown ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal yang membuat restoran ini begitu istimewa. Selain desain interiornya yang benar-benar lain daripada yang lain, Bong Kopitown juga memiliki menu-menu ala Cina peranakan yang tak kalah nikmat. Kita bisa menikmati menu seperti Nasi Penjara yang terdiri dari nasi dan sayur cap cay. Penang Fried Noodle yang rasanya mirip dengan Mie Medan pun juga tak kalah sedap. Isian seafood dan sapo tahunya benar-benar menggoda. Tak kalah unik adalah Rendang Spicy Noodle. Kita bisa memesan 8 level kepedasan untuk menu mie rendang ini. Sedangkan menu lain yang patut dicoba adalah Pontianak Crab Noodle yang menunya diambil langsung dari Pontianak yang terkenal memiliki mie paling enak. Keseluruhan menu yang ada di Bong Kopitown merupakan resep turun-temurun dari keluarga Bong Chandra, pendiri restoran ini yang juga terkenal sebagai motivator, pengusaha dan penulis. Citarasa masakan rumahan ini diadopsi dari menu di beberapa daerah seperti Medan dan Singkawang.

Restoran yang terletak di depan IFI (LIP), Sagan, ini juga menyediakan menu light meal dan minuman yang cocok untuk kongkow. Kita bisa mencoba rujak khas Singkawang dengan taburan ebi yang membuatnya jadi terasa gurih. Adapula Classic HK Toast dengan pilihan selai srikaya, butter, nuttela dan peanut butter. Bong Kopitown tampaknya memang ingin membuat ‘napi-napi’nya bahagia. Minuman seperti Ice Lychee Tea yang manis dan Unripe Mango Ice Shaved yang asam-asam manis benar-benar bisa memuaskan dahaga kita. Sedangkan Kopi Tetes yang menjadi andalan Bong Kopitown tentu saja bisa membuat napi-napi kehilangan minat untuk menjadi depresi.

Jadi, apakah Anda siap menjadi napi paling bahagia di dunia?

Jam buka 10:00 WIB – 12:00 WIB
Kisaran harga: Rp 6.000 – Rp 35.000

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook