Inilah Makanan Yang Kaya Akan Protein

Protein adalah nutrisi yang sangat diperlukan tubuh dan kecukupan asupannya harus selalu dijaga. Tapi ketika menjalani pola makan vegetarian yang menghindari daging dan produk hewani lainnya, asupan protein bisa menjadi sedikit terganggu. Untungnya ada banyak bahan makanan kaya protein nabati yang bisa dikonsumsi sebagai sumber protein selain daging, di antaranya adalah:

 

Kinoa dan jenis gandum lainnya

Gandum adalah sumber protein nabati yang baik, dan jenis gandum yang paling banyak mengandung protein adalah kinoa, yaitu sejenis biji-bijian dari Amerika Selatan. Selain protein, kinoa juga mengandung semua nutrisi asam amino yang dibutuhkan tubuh. Secangkir kinoa mengandung 18 gram mprotein dan 9 gram serat. Bentuk gandum lain yang bisa Anda konsumsi adalah roti gandum dan nasi merah.

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang merah, kacang kedelai, kacang polong, kacang mede, almond, dan jenis kacang lainnya mengandung protein yang tinggi. Begitu juga dengan biji-bijian seperti wijen dan biji bunga matahari. Satu cangkir kacang merah mengandung sekitar 13.4 gram protein, sedangkan 2 sendok makan selai kacang mengandung sekitar 8 gram protein. Kelebihan kacang-kacangan lainnya adalah mudah dicari dan fleksibel. Anda bisa mendapatkan kacang-kacangan dengan mudah di pasar atau di supermarket, dan Anda bisa memasaknya dengan berbagai macam cara untuk berbagai macam menu masakan. Tapi karena kandungan lemak pada kacang-kacangan dan biji-bijian cukup tinggi, Anda sebaiknya tidak menjadikannya sebagai sumber protein utama Anda. Tapi kacang-kacangan dan biji-bijian sangat cocok sebagai cemilan setelah berolahraga.

Tahu dan produk kedelai lainnya

Produk kedelai yang bisa Anda konsumsi sebagai sumber protein di antaranya adalah edamame, keju kedelai, susu kedelai, dll, tapi tahu adalah produk kedelai yang paling mudah didapat dan fleksibel. Setengah cangkir tahu mengandung 10 gram protein, dan susu kedelai mengandung 7 gram protein per cangkir.

Tempe

Tempe dibuat dari kacang kedelai yang telah mengalami sedikit proses fermentasi. Sekitar 100 gram tempe mengandung sekitar 18 gram protein.

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook