Merenda, Istilah Ngemil Dalam Budaya Makan Italia

Anda yang pecinta makanan Italia seperti spaghetti atau pasta dan berbagai macam varian pizza pasti akan senang apa pun yang berhubungan dengan hidangan Italia. Anda pasti juga pernah mendengar istilah-istilah untuk makanan Italia yang agak membingungkan. Atau mungkin juga penasaran dengan istilah-istilah unik khas Italia tersebut?

Seperti Indonesia, Italia juga memiliki waktu makan pagi atau sarapan, makan siang dan makan malam. Dikutip dari wikipedia.com, Italia memiliki kebiasaan makan saat pertengahan pagi (sekitar jam 9-10 pagi) dan pertengahan siang menjelang sore (sekitar jam 3-4 sore) yang dinamakan “merenda”.

Tentu saja ini bukan istilah merenda yang ada di Kamus Besar Bahasa Indonesia yang berarti membuat renda. Merenda merupakan waktu ngemil di pagi dan siang hari, jadi makanan yang dimakan bukan makanan berat.

Banyak anak-anak dan orang dewasa memiliki waktu ngemil camilan saat siang atau sore hari sepulang sekolah. Di saat merenda, biasanya yang diminum adalah minuman panas seperti susu atau latte (kopi susu), ditemani roti selai. Namun ada juga yang suka minum minuman dingin seperti yogurt, gelato (es krim), granita (es serut), atau salad buah. Bisa juga camilan kecil lain seperti biskuit, kacang-kacangan, kue dan permen.

Untuk istilah sarapan, di Italia disebut dengan Colazione. Sedangkan untuk makan siang, disebut Pranzo. Untuk makna malam, disebut dengan Cena. Jika Anda sedang dalam jamuan makan yang formal, atau ada acara pesta makan formal, atau saat di restoran, Anda pasti mengenal kata-kata seperti appetizer, main course dan dessert. Italia juga memiliki struktur makan yang sama.

Nah, itu dia acara ngemil khas Italia. Jadi, bukan hanya Indonesia saja yang punya istilah ngemil dan nongkrong saat sore, kan? Di Italia juga ada.

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook