Tips Menggoreng Makanan Agar Rendah Kolesterol

Menggoreng adalah salah satu rutinitas memasak yang paling sering dilakukan. Apalagi di Indonesia, gorengan adalah makanan yang paling banyak disukai. Terutama pada musim hujan atau malam hari yang dingin.

Tapi bagaimana ya caranya menggoreng agar rendah kolesterol? Well. coba beberapa tips berikut ini.

Goreng Dengan Minyak Bersih

Gunakan minyak yang baru dan bersih. Indikatornya adalah minyak belum keruh dan kecoklatan. Menggoreng dengan minyak yang berkualitas baik juga diperlukan agar masakan terjaga kualitasnya.

Goreng Pada Minyak Panas

Agar makanan tak menyerap banyak minyak, langsung goreng dalam keadaan panas. Dengan begitu gorengan akan segera matang dan kering. Namun jangan menggunakan api yang terlalu besar. Setelah kuning keemasan, segera angkat dari penggorengan dan tiriskan sebentar sambil digoyang agar minyak berjatuhan. Selalu tiriskan gorengan karena bisa membuat teksturnya lebih renyah.

Pakai Kertas Penyerap Minyak

Gunakan kertas tisu atau kertas penyerap minyak yang bisa membuat minyak turun dari gorengan yang Anda buat. Sedikit gelindingkan agar jatuhnya minyak merata. Setelahnya, simpan gorengan di tempat dengan lampu atau wadah tertutup agar gorengan renyah.

Pemanasan Ulang

Bila Anda ingin memanaskan gorengan, Anda bisa menggunakan wajan yang diberi 1 sdm minyak dengan api sedang. Saat mulai panas, oseng sebentar sampai kulitnya agak mengering. Tiriskan dan letakkan di kertas penyerap minyak.

Atau Anda bisa memanaskan di oven selama beberapa waktu. Dengan begitu Anda tak harus menggoreng ulang.

Nah, dengan cara ini Anda bisa meminimalisir penggunaan minyak goreng berulang dan mengurangi level kolesterol.

sumber :rajaresep.com

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook