Tips Menyimpan Bawang Bombay Agar Tidak Busuk

Bawang bombay adalah salah satu jenis bawang yang banyak digunakan. Dibandingkan beberapa bawang ukuran kecil lainnya, bawang yang satu ini daya tahannya agak rendah.

Oleh karena itu, bila Anda sudah terlanjur membelah bawang dan hanya menggunakan separuhnya, maka yang separuh lagi harus disimpan dengan benar. Hal ini agar bawang tersebut tidak menjadi kering, berlendir atau busuk.

Bawang bombay yang terlalu lama dibiarkan bisa mempengaruhi rasa dan teknik memasaknya. Misalnya sudah bau dan berlendir sehingga rasanya tak lagi manis. Bila tetap dimasak, bawang ini akan menimbulkan rasa pahit.

Selain itu bawang seperti ini juga akan menyulitkan untuk dipotong atau dikunyah. teksturnya yang kering biasanya akan sulit digigit dan agak alot. Agar tidak demikian, Anda bisa menggunakan beberapa tips di bawah ini.

  • Bila Anda hanya akan menggunakan separuh bagian bawang saja, segera bungkus dengan wrapper plastic. Hal ini untuk mencegah pembusukan dengan cepat.
  • Simpan bawang bombay di tempat yang sejuk dan kering. Jangan menyimpan bawang bombay di kulkas atau tempat yang lembab, karena bisa membuatnya busk atau basah. Kalau sudah terlanjur, aroma bawang akan kurang sedap.
  • Milikilah bawang bombay dengan berbagai ukuran. Sehingga bisa disesuaikan jumlahnya dengan penggunaan yang Anda butuhkan. Namun kalau memang harus menggunakan separuhnya, Anda bisa menggunakan tips di atas.
  • Anda juga bisa menggunakan wadah kedap udara untuk menyimpan bawang bombay.

Semoga tips di atas bisa membuat stok bawang bombay Anda terjaga kualitasnya. Bila perlu, Anda bisa menanam dan menumbuhkannya kembali. Happy cooking, Ladies.

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook