Tips Seputar Dapur dan Makanan

Bagi Anda semua yang sering berkutat dengan area seputar dapur, masakan dan makanan tentunya sering menjumpai berbagai permasalahan seputar dapur dan makanan tersebut. Berikut berbagai tips mengatasi masalah seputar masak-memasak dan makanan yang biasa kita jumpai sehari-hari:

 

Kepedasan: Taruh garam di bawah lidah untuk menghilangkan rasa pedas.

Kerupuk melempem: Taruh di dalam Freezer untuk membuatnya kembali garing.

Keselek tulang ikan: Telan nasi yang sudah dikepalkan tanpa dikunyah terlebih dahulu.

Mengatasi noda minyak di dapur: Taburkan tepung terigu, lalu seka menggunakan kain lap.

Menghindari gangguan semut pada makanan: Taruh cengkeh di dalam wadah penyimpanan.

Menghilangkan getah nangka: Lumuri dan gosok tangan dengan minyak atau tepung terigu, lalu cuci dengan sabun.

Terkena cipratan minyak goreng panas: Segera oleskan getah pepaya pada luka agar tidak melepuh dan meninggalkan bekas.

Melembutkan gula merah yang mengeras: Taruh potongan apel kedalam wadah penyimpanan gula merah, lalu tutup rapat-rapat.

Mengiris bawang tanpa mata perih: Dinginkan dahulu bawang di dalam kulkas untuk mengurangi daya sebar zat yang terkandung di dalam bawang.

Menyimpan jeruk nipis agar lebih awet: Masukkan pasir kali yang sudah dibersihkan kedalam sebuah wadah, lalu timbun buah jeruk di dalam pasir tersebut.

Mengusir gerombolan semut yang masuk ke wadah gula dan makanan: Remas daun sirih dan letakkan di tempat semut berkerumun, aroma daun sirih akan mengusir gerombolan semut terebut.

Agar daging tidak lengket saat disimpan di dalam freezer: Masukkan daging di dalam kantung pelastik secara berjejer (tidak ditumpuk) lalu tiup plastik sampai penuh terisi udara. Ikat ujung kantung plastik agar udara tidak keluar.

Mengatasi percikan minyak goreng pada saat masak: Pada dasarnya cipratan minyak terjadi karena adanya air yang tercampur dengan minyak panas, untuk itu pastikan dahulu wajan benar-benar kering sebelum memasak. Lumuri dahulu bahan yang akan dimasak dengan minyak, agar minyak tidak terlalu bereaksi saat menggoreng bahan makanan basah.

Visit Us On TwitterVisit Us On Facebook